Senin, 09 Februari 2009

JARINGAN SELULAR

Di dalam jaringan selular ini,memiliki keunggulan dan kelemahan.keunggulannya adalah dapat menggabungkan keunggulan dan menghapus kelemahan dari kedua topologi.kelemahannya adalah memiliki kompleksitas perencanaan yang tinggi.
Komponen Wireless LAN
1. Access Point(AP)
Alat untuk mentranmisikan data disebut dengan Access Point dan terhubung dengan jaringan LAN melalui kabel.fungsi dari AP adalah mengirim dan menerima data.
2. Extension Point
Extension Point berfungsi layaknya repeater untuk client di tempat yang lebih jauh.syarat agar antara akses point bisa berkomunikasi satu dengan yang lain,yaitu setting channel di masing-masing AP harus sama.selain itu SSID(Service Set Identifier)yang digunakan harus sama.
3. Antena
Antena merupakan alat untuk mentransformasikan sinyal radio yang merambat pada sebuah konduktor menjadi gelombang elektromagnetik yang merambat di udara.Ada beberapa tipe antena yang dapat mendukung implementasi WLAN,yaitu:
1. Antena omnidirectional
yaitu jenis antena yang memiliki pola pancaran sinyal kesegala arah dengan daya yang sama.keuntungan dari antena jenis ini adalah dapat melayani jumlah pengguna yang lebih banyak.Namun kesulitannya adalah pada pengalokasian frekuensi untuk setiap sel agar tidak terjadi interferentasi.
2. Antena directional
yaitu antena yang mempunyai pola pemancaran sinyal dengan satu arah tertentu.
3. Wireless
WLAND Card berpungsi sebagai interpace antara system operasi jaringan client dengan pormat interpace udara ke AP.
4. Kelebihan dan Kelemahan dalam Wireless LAN
Kelebihan
-Mobilitas dan Produktivitas tinggi
-Fleksibel
-Menurunkan biaya kepemilikan
Kelemahan
-Biaya peralatan mahal
-Kapasitas jaringan menghadapi keterbatasan spektrum

0 komentar:


Blogspot Template by Isnaini Dot Com and Mining Industry. Powered by Blogger